Sejarah Band OasisSejarah Band Oasis

Perkenalan

Oasis adalah salah satu band rock paling ikonik dan sukses yang berasal dari Inggris. Mereka telah menjadi salah satu pelopor genre Britpop dan memiliki sejarah panjang yang penuh dengan kejayaan, kontroversi, dan lagu-lagu yang melegenda. Artikel ini akan mengulas sejarah band Oasis, bagaimana mereka muncul di dunia musik, perjalanan karir mereka, serta dampak besar yang mereka miliki di Inggris dan di seluruh dunia.

Munculnya Oasis: Awal yang Menjanjikan

Dibentuk di Manchester

Oasis dibentuk di Manchester, Inggris, pada tahun 1991. Band ini awalnya terdiri dari vokalis utama Liam Gallagher, gitaris utama Paul “Bonehead” Arthurs, gitaris ritme Paul “Guigsy” McGuigan, bassis Paul “Guigsy” McGuigan, dan drummer Tony McCarroll. Awalnya, mereka tampil dengan nama “The Rain” sebelum akhirnya mengadopsi nama “Oasis.”

Single Pertama: “Supersonic”

Pada tahun 1994, Oasis merilis single pertama mereka yang berjudul “Supersonic.” Single ini langsung sukses dan memperkenalkan suara khas Oasis yang penuh semangat dan berani. Lagu ini disusul oleh single lainnya seperti “Shakermaker” dan “Live Forever,” yang semuanya mendapatkan sambutan positif.

Album Breakthrough: “(What’s the Story) Morning Glory?”

Kejayaan dengan Album Kedua

Pada tahun 1995, Oasis merilis album kedua mereka yang berjudul “(What’s the Story) Morning Glory?”. Album ini segera menjadi sukses besar dan menjadi salah satu album terlaris sepanjang masa di Inggris. Lagu-lagu seperti “Wonderwall,” “Don’t Look Back in Anger,” dan “Champagne Supernova” menjadi hits besar dan mendapatkan pujian kritis yang tinggi.

Persaingan dengan Blur

Saat itu, ada persaingan sengit antara Oasis dan band lainnya, Blur, dalam apa yang dikenal sebagai “The Battle of Britpop.” Persaingan ini mencapai puncaknya ketika kedua band merilis single mereka pada hari yang sama. Oasis merilis “Roll with It,” sementara Blur merilis “Country House.” Oasis akhirnya memenangkan persaingan ini dengan single mereka yang berhasil lebih baik secara komersial.

Perjalanan Karir Oasis: Kebangkitan dan Turbulensi

Tur Dunia

Setelah kesuksesan album “(What’s the Story) Morning Glory?”, Oasis melanjutkan dengan tur dunia yang mendunia. Mereka tampil di berbagai negara dan meraih popularitas internasional. Oasis dikenal dengan pertunjukan live mereka yang energik dan Liam Gallagher yang karismatik di atas panggung.

Konflik dalam Band

Meskipun keberhasilan besar yang mereka raih, Oasis juga terkenal dengan konflik dalam band. Perseteruan antara Liam dan Noel Gallagher, saudara kembar yang merupakan dua anggota kunci band ini, seringkali memicu pertengkaran dan ketegangan dalam band. Pertengkaran ini terkadang mengganggu kinerja band dan berdampak pada stabilitas grup.

Perubahan Lineup dan Album Terakhir

Perubahan Lineup

Selama perjalanan karir Oasis, terjadi beberapa perubahan dalam lineup band. Tony McCarroll, drummer asli, digantikan oleh Alan White pada tahun 1995. Kemudian, Paul “Bonehead” Arthurs juga meninggalkan band pada tahun 1999 dan digantikan oleh Gem Archer. Perubahan ini memengaruhi dinamika dalam band dan mengarah pada eksperimen musik yang berbeda.

Album Terakhir: “Dig Out Your Soul”

Album terakhir Oasis yang berjudul “Dig Out Your Soul” dirilis pada tahun 2008. Meskipun menerima ulasan yang baik, album ini tidak mencapai kesuksesan yang sebanding dengan album-album sebelumnya. Pada tahun 2009, Noel Gallagher, gitaris utama dan penulis lagu utama, meninggalkan band setelah perseteruan dengan Liam.

Kesimpulan

Oasis adalah salah satu band paling berpengaruh di dunia musik rock Britania Raya. Mereka menciptakan lagu-lagu yang timeless dan mendefinisikan era Britpop pada tahun 1990-an. Meskipun perjalanan karir mereka penuh dengan kontroversi dan konflik internal, mereka tetap menjadi ikon musik yang dicintai oleh jutaan penggemar di seluruh dunia. Meskipun telah bubar, warisan musik Oasis tetap hidup dan akan dikenang dalam sejarah musik rock.

 

Related Post